7 Tips dan Trik Membuat Interview Podcast Agar Tidak Membosankan

Membuat interview Podcast agar tidak membosankan – Akhir-akhir ini konten podcast memang mulai menarik banyak perhatian. Selain isi kontennya yang menarik, podcast juga merupakan salah satu konten non-streaming yang bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja ketika Anda sudah mengunduhnya. Anda bahkan bisa dengan leluasa memilih konten podcast apa yang akan Anda dengarkan, mulai dari ilmu pengetahuan, music, sharing pengalaman seseorang dan banyak lagi lainnya.

Jika Anda adalah seorang creator, maka dalam membuat sebuah konten podcast biasanya Anda akan mengundang seseorang yang akan dijadikan sebagai narasumber. Pemilihan narasumber ini juga perlu dipertimbangkan dengan baik, agar nantinya isi konten berbobot dan berkualitas serta sesuai dengan konsep podcast Anda.

Selain itu, untuk membuat sebuah podcast yang menarik dan tidak membosankan Anda juga perlu membangun obrolan yang santai namun tetap asyik didengarkan. Teknik wawancara menjadi hal yang sangat penting, mengingat titik poin utama konten podcast adalah  obrolan itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik membuat interview Podcast agar tidak membosankan.

Pilih Narasumber yang Menarik Perhatian Pendengar

Tidak harus selalu orang yang punya jabatan atau artis, Anda juga bisa mengundang orang dari kalangan manapun terutama yang memang menguasai tema pembahasan Anda. Sebelum menentukan pilihan narasumber, Anda bisa terlebih dahulu melakukan riset di social media. Kira-kira sosok siapakah yang paling banyak dicari atau diminati netizen.

Lakukan Riset Mengenai Narasumber Anda

Untuk membuat interview Podcast agar tidak membosankan tentu Anda harus mengenali dan memahami betul siapa narasumber Anda. Mulai dari biodata pribadi, kesukaannya, hobi, hal-hal apa yang mereka lakukan, bidang apa saja yang mereka geluti, dan banyak lagi.

Segala informasi mengenai narasumber dapat menjadi bekal penting ketika mengobrol dengan mereka agar lebih santai, lebih banyak tema obrolan dan tentunya untuk menghindari topik-topik sensitif bagi narasumber. Saat Anda sudah mengenal secara mendalam narasumber Anda, yakinlah bahwa nantinya proses wawancara akan berjalan dengan lebih ringan dan mengalir.

Buat Konsep Pertanyaan

Sebelum benar-benar melakukan wawancara, penting bagi Anda untuk membuat konsep pertanyaan yang akan diajukan pada narasumber. Pilihlah pertanyaan yang memang belum pernah dibahas oleh podcaster lain untuk menghindari jawaban yang sama.

Tentukan fokus isi konten Anda, misalnya jika Anda ingin membuat konten edukasi maka fokuslah pada pertanyaan tentang mengapa dan bagaimana. Arahkan agar narasumber memberikan jawaban yang konkrit sekaligus tips, trik dan contoh nyata studi kasus pada tema yang dibahas.

Buat Obrolan Ringan Sebelum Proses Wawancara

Untuk membuat interview Podcast agar tidak membosankan sebaiknya Anda mulai membangun suasana yang nyaman dan santai saat sebelum wawancara dimulai. Anda bisa memulai obrolan ringan dengan narasumber sambil minum kopi atau teh bersama. Jadikan momen ini sebagai kesempatan untuk mengenal lebih jauh dengan narasumber Anda. Dengan begitu nantinya sata proses wawancara sudah dimulai obrolan akan berjalan dengan natural dan terkesan tidak kaku.

Anda juga bisa memberikan beberapa jokes agar suasana makin mencair dan tidak tegang. Tentunya kembali ke poin riset narasumber tadi, perhatikan hal-hal yang mungkin bersifat sensitif bagi narasumber agar tidak memunculkan perasaan tak nyaman.

Jangan Biarkan Obrolan Terhenti di Tengah Jalan

Membuat interview Podcast agar tidak membosankan memang tak mudah, tapi juga tak serumit yang Anda bayangkan. Satu hal terpenting yang harus Anda ingat, jangan pernah biarkan obrolan terhenti di tengah jalan dan terkesan menggantung begitu saja.

Gali terus potensi-potensi pertanyaan lain agar obrolan tidak terhenti, sehingga pendengar pun tidak merasa bosan. Selama masih dalam koridor topik yang dibahas, tak masalah jika di tengah jalan Anda menemukan pertanyaan lain di luar konsep.

Hindari Memotong Pembicaraan Lawan Bicara

Satu hal yang paling tak disukai oleh pendengar adalah ketika sang narasumber sedang berbicara, secara tiba-tiba Anda justru memotong pembicaraannya. Apapun kondisinya, berusahalah untuk menghindari hal semacam ini. Kecuali jika sang narasumber mulai lepas control dan mulai berbicara tentang hal-hal diluar tema, apalagi jika menyangkut SARA, bully, diskriminasi dan sebagainya.

Namun jika pembicaraan narasumber masih dalam batas normal dan masih dalam koridor tema pembahasan Anda, maka biarkan semuanya mengalir.

Belajar dari Pelaku Profesional

Ahli dalam teknik wawancara memang bagian dari skill yang tak semua orang memilikinya, untuk itu Anda harus terus mengasahnya. Anda bisa belajar dari orang-orang yang lebih profesional. Pelajari bagaimana mereka mengajukan pertanyaan dan melakukan investigasi pada narasumber. Juga bagaimana mereka mulai mencairkan suasana ketika sudah mulai membosankan atau menegang.

Jika Anda merupakan podcaster pemula dan ingin belajar lebih banyak dengan orang yang lebih profesional, Anda mungkin akan membutuhkan layanan digital content production. Saat ini banyak perusahaan jasa yang menyediakan jasa digital content production, termasuk salah satunya Sotta.co.id.

Melalui layanan digital content production ini, Anda akan dibantu dalam proses produksi konten digital salah satunya podcast. Anda akan didampingi oleh tenaga ahli yang kreatif, berpengalaman dan profesional selama proses pre-production, production dan post-production. Sehingga diharapkan nantinya Anda bisa menghasilkan konten podcast yang berkualitas.

Itu tadi beberapa tips dan trik cara membuat interview Podcast agar tidak membosankan, semoga bermanfaat.

Leave a Comment