Pilih Mana? Google Workspace vs Microsoft 365?

Pilih mana? Google Workspace vs microsoft 365 – Jika Anda banyak bekerja secara digital, maka mungkin Anda sudah tak asing lagi dengan piranti kolaborasi Google Workspace dan Microsoft 365. Kedua layanan ini diluncurkan oleh perusahaan yang berbeda. Google Workspace merupakan layanan kolaborasi dan produktivitas yang dikelola oleh Google, sedangkan Microsoft 365 dikelola oleh Microsoft. Meskipun kedua jenis piranti ini sama-sama menawarkan layanan kolaborasi dan produktivitas, namun keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Lalu, pilih mana? Google Workspace vs microsoft 365? Sebelum menentukan akan memilih yang mana, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja fitur-fitur dan kelebihan serta kekurangan dari Google Workspace dan Microsoft 365.

Fitur Layanan Google Workspace

Sebelum menjawab pertanyaan pilih mana? Google Workspace vs microsoft 365, pahami dulu apa saja fitur layanan yang diberikan oleh keduanya.

Google Workspace menghadirkan berbagai fitur kolaborasi dan produktivitas mulai dari Google Dokumen, Spreadsheet, Slide, Google Kalender, Keep, Hangouts, Gmail, dan Foto. Semua fitur aplikasi ini dapat bekerja dengan baik di browser semua sistem operasi. Google juga menyediakan aplikasi untuk smartphone, baik itu android maupun iOs.

Sejauh ini Google juga menyediakan layanan fitur versi offline, namun meski begitu fungsinya masih cukup terbatas. Anda juga perlu menyiapkan berkas file satu demi satu jika akan melakukan pengeditan secara offline.

Fitur Layanan Microsoft 365

Jika Anda berlangganan layanan Microsoft 365, maka Anda akan mendapatkan akses penuh ke aplikasi Microsoft Office, yang meliputi Word, Excel, Powerpoint, Outlook, dan OneNote. Bisa dibilang fitur layanan Microsoft 365 merupakan rangkaian aplikasi desktop yang paling lengkap.

Microsoft 365 saat ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu home dan personal. Microsoft 365 Home dapat digunakan hingga enam pengguna, sedangkan personal hanya dapat diakses oleh satu pengguna saja.

Kelebihan dan Kekurangan Google Workspace

Masih bingung dalam menentukan jawaban “pilih mana? Google Workspace vs microsoft 365”? Mungkin Anda perlu menilik lebih jauh tentang kelebihan dan kekurangan diantara keduanya.

Google Workspace memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:

  • Memiliki user interface yang cukup ramah bagi penggunanya.
  • Sistem keamanan yang tinggi.
  • Dilengkapi dengan berbagai fitur yang sudah terpercaya.
  • Memiliki kapasitas penyimpanan yang besar.
  • Kemudahan dalam berbagi informasi ke sesama pengguna.
  • Sistem integrasi yang mudah untuk dilakukan.

Selain beberapa kelebihan di atas, Google Workspace juga memiliki beberapa kekurangan seperti berikut:

  • Membutuhkan jaringan koneksi internet yang stabil agar proses penggunaan aplikasi dapat berjalan dengan baik. Meskipun beberapa fitur juga bisa digunakan secara offline, namun penggunaannya masih cukup terbatas.
  • Fitur Google Meet yang masih cukup terbatas jika dibandingkan dengan aplikasi lain yang sejenis.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft 365

Sama halnya dengan Google Workspace, Microsoft 365 juga memiliki sisi kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan dari Microsoft 365 diantaranya adalah:

  • Fiturnya yang up to date, sehingga Anda tidak perlu membayar biaya tambahan ketika Microsoft memperbarui layanan mereka.
  • Anda akan mendapatkan layanan gratis panggilan Skype selama 60 menit tiap bulannya.
  • Fasilitas penyimpanan yang cukup besar, yaitu 1 TB untuk masing-masing paket langganan.
  • Dukungan penuh dari Microsoft, baik melalui chat, email maupun telepon.
  • Dilengkapi dengan berbagai fitur yang lengkap, sama seperti Google Workspace.

Selain beberapa kelebihan di atas, Microsoft juga memiliki sedikit celah kekurangan, diantaranya:

  • Anda membutuhkan jaringan internet yang cukup stabil agar bisa menggunakan berbagai fitur dari Microsoft 365 dengan maksimal. Utamanya ketika Anda sedang mengunduh pembaruan sistem dari Microsoft.
  • Anda harus membayar biaya langganan per bulan jika ingin menggunakan berbagai fitur layanan pada Microsoft 365.

Perbandingan Harga Google Workspace dan Microsoft 365

Sudah menentukan jawaban “pilih mana? Google Workspace vs microsoft 365” ? Jika belum, mungkin factor perbandingan harga ini bisa jadi pertimbangan tersendiri untuk Anda.

Untuk berlangganan Microsoft 365, ada beberapa paket yang bisa Anda pilih. Diantaranya Microsoft 365 Family, Microsoft 365 Personal, dan Office Home & Student 2019. Rentang harga untuk masing-masing paket layanan ini adalah antara 1 juta hingga – 2 juta rupiah per tahunnya.

Sedangkan untuk Google Workspace, Anda masih bisa menggunakan layanan gratis dengan catatan pelayanan fitur yang terbatas. Jika Anda ingin mendapatkan akses yang lebih besar, maka tentu saja Anda harus membayar biaya langganan.

Google Workspace menawarkan berbagai pilihan paket dengan rentang harga antara  USD4,20 per pengguna per bulan untuk paket Basic, hingga paket Enterprise dengan besaran harga yang bisa di nego langsung dengan pihak Google.

Jika Anda tidak paham betul bagaimana cara berlangganan Google Workspace, maka Anda bisa menggunakan bantuan jasa dari Sotta.co.id.

Sotta.co.id memberikan layanan Google Workspace dengan harga yang lebih terjangkau, yaitu 80% dari harga yang ada di pasaran. Meski begitu, Sotta.co.id juga akan tetap menjamin kualitas layanan, dengan tetap menyediakan domain pribadi serta layanan lifetime untuk Google Workspace.

Semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda dalam menentukan jawaban “pilih mana? Google Workspace vs microsoft 365”.

Leave a Comment