Pahami Lebih Jauh Tentang Digital Content Production untuk Optimalkan Bisnis Anda

Tentang digital content production – Ketika Anda hidup di era serba digital seperti sekarang ini, rasanya sudah tak aneh jika banyak orang mulai beralih dari konten konvensional ke konten digital. Hampir di semua tempat, di manapun Anda berada mayoritas orang sudah terbiasa dengan kehadiran berbagai jenis konten digital ini. Mulai dari teks berita, foto, video, musik, dan banyak lagi jenis konten lainnya.

Tak heran juga jika lantas banyak penyedia konten konvensional mulai lengser tergantikan para produsen konten-konten digital. Alhasil, tak sedikit diantara mereka beralih ke digital guna mengikuti kebutuhan pasar, contoh paling nyata adalah surat kabar cetak konvensional. Kini beberapa surat kabar cetak mulai beralih ke konten digital guna memenuhi kebutuhan konsumen mereka, meski di sisi lain surat kabar cetak juga masih tetap diproduksi. Ini menjadi tanda bahwa saat ini konten digital memang jauh lebih diminati, ketimbang konten konvensional.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Digital Content Production

Sebelum berbicara tentang digital content production, Anda harus terlebih dulu memahami apa itu digital content atau konten digital. Pengertian konten digital sendiri merupakan sebuah konten yang memiliki beragam format, mulai dari foto, video, teks maupun tulisan, audio maupun kombinasi antara berbagai format tersebut.

Konten-konten ini lantas diubah menjadi sebuah kode oleh mesin pembaca. Hasil akhirnya, konten-konten tersebut dapat Anda baca dan tampilkan melalui media digital seperti smartphone atau komputer. Konten-konten digital ini juga dapat dengan mudah dikirim ataupun dibagikan melalui berbagai media digital.

Lalu, apa saja media digital yang dimaksud di sini? Beberapa diantaranya adalah blog, website, email, podcast, dan berbagai sosial media yang sudah tak asing bagi Anda. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Line, YouTube, dan banyak lagi lainnya.

Jenis-Jenis Konten Digital

Setelah Anda memahami pengertian tentang digital content production, kini penting juga bagi Anda untuk mengetahui apa saja jenis-jenis konten digital yang banyak beredar di internet saat ini. Ada berbagai jenis konten digital yang umumnya sering Anda jumpai, diantaranya:

  • Konten informatif, isi konten ini merupakan informasi dasar mengenai Anda atau perusahaan Anda. Misalnya apa nama usaha Anda, di mana dapat menemukan outlet Anda, apa saja produk yang Anda miliki, dan sebagainya.
  • Konten edukatif, biasanya berisi teks, gambar, video atau pun audio yang memiliki unsur edukasi atau pendidikan. Misalnya tentang tips dan trik, cara membuat sesuatu, dan sebagainya.
  • Konten marketing, yang secara umum bertujuan untuk membuat adanya transaksi antara produsen dan konsumen. Konten ini biasanya berisi tentang permasalahan konsumen, keunggulan produk sebagai solusi serta adanya call to action pada konten tersebut.
  • Konten interaksi, yang mana pada konten ini biasanya Anda ingin membangun interaksi sosial dengan konsumen. Umumnya konten ini diunggah di sosial media seperti Twitter, Facebook atau Instagram.
  • Konten review, umumnya berisi konten tentang ulasan mengenai sebuah produk, atau bisa juga tentang berbagi pengalaman akan suatu hal. Konten ini umumnya sering dimanfaatkan oleh para influencer atau selebgram ketika mereka akan melakukan endorse.

Tips Membuat Konten Digital

Berbicara tentang digital content production, maka Anda juga harus memperhatikan banyak hal ketika berencana untuk membuat sebuah konten digital, baik untuk branding atau pun untuk kepentingan marketing. Berikut ini adalah beberapa tips tentang digital content production.

  • Tentukan konsep yang sesuai dengan tujuan konten digital Anda, apakah untuk kepentingan informatif, edukasi, atau yang lainnya.
  • Buatlah materi konten digital yang sederhana, namun menarik dan punya nilai untuk dinikmati pembaca.
  • Hindari konten-konten negatif dan beresiko di takedown oleh platform tempat Anda mengunggah konten tersebut. Misalnya konten yang berbau kekerasan, SARA, pornografi dan sebagainya.
  • Berusahalah untuk membuat konten digital yang menarik dan kreatif tanpa harus melakukan plagiat pada karya orang lain. Ini akan membuat citra buruk bagi Anda kedepannya.
  • Pastikan Anda mempunyai alat yang mumpuni ketika akan membuat konten digital, terutama jika berhubungan dengan gambar dan video.

Jika saat ini Anda sedang ingin melakukan branding untuk produk Anda melalui konten digital, namun merasa kesulitan dan bingung harus memulai dari mana, maka Sotta.co.id siap membantu Anda. Dengan layanan digital content production, Sotta.co.id akan membantu Anda memproduksi konten digital yang kreatif, menarik dan berkualitas. Berbagai konten digital yang bisa diproduksi oleh Sotta.co.id diantaranya video vlog, podcast dan sebagainya.

Anda tak perlu khawatir tentang kualitas produk konten yang akan dihasilkan. Dalam membuat konten digital, Sotta.co.id selalu menerapkan tiga proses, yaitu pre-production, production, post production. Sehingga dapat dipastikan konten yang dihasilkan sesuai dan tepat sasaran.

Itulah sedikit penjelasan tentang digital content production, semoga semakin menambah wawasan bagi Anda yang kini sedang mencoba merambah ke dunia digital.

Leave a Comment