Kenali 5 Cara Menentukan Judul Vlog yang Menarik Bagi Pemula

Cara menentukan judul vlog yang menarik – Ketika Anda membuka aplikasi YouTube untuk menonton video, apa hal pertama yang Anda lihat dari sebuah konten? Mayoritas orang mungkin akan menjawab “judul”. Ya, judul memang bisa dibilang sebagai sampul sebuah konten. Menarik atau tidaknya sebuah konten video untuk ditonton bisa dilihat dari judul video yang dibuat oleh content creator. Biasanya judul yang menarik, membuat penasaran akan isinya dan bisa membangun sebuah persepsi penonton akan mendapat lebih banyak perhatian.

Sayangnya, saat ini banyak content creator yang seolah melakukan “penipuan”. Mereka kerap membuat judul clickbait hanya untuk menarik sebanyak mungkin penonton, akan tetapi isi dari pada konten tersebut tidak semenarik judul atau bahkan tidak berhubungan sama sekali. Hal ini sebenarnya tidak direkomendasikan, karena orang justru akan enggan kembali ke channel tersebut.

Agar Anda bisa membuat judul yang menarik dan eye catching namun tidak menipu atau clickbait, berikut beberapa tips cara menentukan judul vlog yang menarik.

Buat Judul Vlog Seefektif Mungkin

Untuk membuat judul yang efektif hal pertama yang harus diperhatikan adalah panjang pendeknya judul. Judul yang efektif panjangnya tak lebih dari 60 karakter. Anda bisa mencantumkan topik penting pada bagian paling depan, lalu menambahkan informasi yang tidak begitu spesifik di bagian belakangnya.

Lalu bagaimana mengetahui apakah judul yang dibuat sudah efektif atau belum? Lakukan pengecekan dengan tools yang ada di YouTube. Anda bisa mengecek reaksi penonton setelah mengklik judul vlog yang Anda buat. Misalkan mayoritas penonton akan berhenti menonton video hanya beberapa detik setelah mengklik judul. Itu artinya ekspektasi penonton pada judul dan isi bisa jadi tidak sesuai, dan Anda punya PR untuk mengubah judul tersebut.

Lakukan Riset Kata Kunci untuk Judul Vlog Anda

Cara menentukan judul vlog yang menarik juga tak terlepas dari riset keyword. Riset ini sangat penting karena akan mempengaruhi hasil pencarian video Anda di laman YouTube. Anda bisa melakukan riset dengan mencari frase keyword yang banyak diminati atau dicari penonton. Dari hasil riset ini kemudian bisa Anda padukan dengan frase lain yang akan mempercantik judul vlog Anda. Tetapi tetap harus memperhatikan keefektifan judul seperti pada poin pertama.

Untuk melakukan riset keyword Anda bisa menggunakan tools Google Keyword Planner, Google Trends, atau YouTube Auto Completer.

Buat Judul yang Dapat Membangun Ekspektasi Penonton

Cara menentukan judul vlog yang menarik selanjutnya adalah dengan membuat judul yang bisa membangun sebuah ekspektasi pada penonton.

Contoh mudahnya seperti ini, Anda ingin menampilkan konten tentang seberapa menantangnya makan ayam goreng dengan seratus cabe sekaligus. Anda pun membuat judul “Sensasi Makan Ayam Goreng 100 Cabe, Pedas Gila!”. Dengan judul ini penonton mungkin berharap akan melihat sebuah adegan dimana Anda sedang makan sepotong ayam dengan sambal yang terbuat dari 100 cabe segar. Ekspektasi inilah yang secara umum mendorong ketertarikan untuk membuka video Anda.

Wujudkan Ekspektasi Penonton

Anda mungkin sudah bisa membuat sebuah judul yang sukses membangun ekspektasi dan rasa penasaran penonton, tapi sebenarnya Anda masih punya  satu pekerjaan lain. Perlu diingat bahwa ekspektasi penonton adalah PR yang harus diwujudkan. Artinya, Anda tak bisa hanya memancing dengan judul yang wow akan tetapi isinya tidak sesuai.

Contohnya judul pada poin sebelumnya, orang akan merasa kecewa dan tertipu jika ternyata Anda tidak benar-benar makan ayam dengan 100 cabe, namun hanya olahan sambal dari ekstrak 100 cabe. Ketidakpuasan penonton pada ekspektasi mereka bisa membuat mereka enggan kembali ke channel Anda.

Buat Thumbnail yang Menarik

Trik cara menentukan judul vlog yang menarik yang lain yaitu dengan membuat thumbnail yang menarik dari cuplikan konten yang Anda buat. Pilih salah satu scene terbaik yang menurut Anda paling bisa mengundang rasa penasaran penonton. Agar lebih menarik, sertakan judul pada bagian thumbnail ini.

YouTube menyarankan agar Anda membuat thumbnail dengan resolusi tinggi namun ukurannya tidak melebihi 2 MB. Setelah thumbnail Anda selesai didesain, cobalah untuk membandingkan dengan video bertema sama, lihat apakah thumbnail Anda sudah cukup mencolok ataukah belum.

Bagaimana, apakah Anda merasa bahwa cara menentukan judul vlog yang menarik di atas cukup mudah untuk direalisasikan? Atau justru Anda merasa semakin pusing memikirkannya?

Tenang, kini Anda tak perlu repot memikirkan segala sesuatunya sendiri jika ingin membuat konten video untuk channel YouTube Anda. Anda bisa memanfaatkan jasa layanan digital content production dari Sotta.co.id.

Apa yang akan Anda dapatkan melalui layanan jasa Sotta.co.id ini? Tentunya Anda akan dibantu oleh tenaga profesional yang berpengalaman dan kreatif untuk membuat sebuah konten video sesuai yang Anda harapkan. Anda akan dibantu dalam proses pra-produksi, produksi hingga pasca produksi. Dan itu artinya, Anda pun tak perlu pusing memikirkan judul dan optimasinya, sebab tim Sotta.co.id akan membantu Anda seutuhnya. Mudah bukan?

Itulah beberapa tips dan trik  cara menentukan judul vlog yang menarik, semoga bermanfaat dan selamat berkarya!

 

Leave a Comment